Senin, 16 Desember 2013

BERSAMA GURU MENUJU SURGA


BERSAMA GURU MENUJU SURGA

‘Sebaik-baik kalian adalah yang mengajarakan Al-qur’an” HR. Muslim

Ilmu yang diajarkan guru bernilai sedekah

Islam memuliakan guru. Orang yang berilmu dan mengamalkan memiliki kedudukan yang utama daipada ibadah.

Ketua Departemen Dakwah Pimpinan Pusat Ikatan Dai Indonesia ( IKADI ) Ustaz Ahmad Kusyairi Suhail mengatakan, guru yang memiliki keistimewaan merupakan guru yang memiliki semangat mengajarkan ilmunya.
Ilmu yang bermanfaat yang dimiliki seorang guru merupakan bukti bahwa dia termasuk orang yang beriman.”Allah SWT suka yang belajar dan mengamalkannya,:tutur dia.
Kusyairi menegaskan, guru akan mendapatkan manfaat tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat. Hadist riwayat Muslim menyebutkan, seluruh amal perbuatan seorang manusia akan terputus jika meninggal dunia, kecuali tiga hal, yaitu ilmu yang bermanfaat, amal sedekah dan anak yang soleh.
Menjadi seorang guru artinya memiliki ilmu yang bermanfaat karena telah diamalkan dan diajarkan kepada muridnya. Sehingga, ilmu yang pernah diajarkan akan terus menerus digunakan dan mendapatkan pahala yang tak pernah putus, bahkan hingga dia meninggal dunia.
Kusyairi menambahkan, Islam sangat menghormati kedudukan guru karena guru merupakan penerus misi nabi dan rasul. Estapet risalah yang diterima oleh Rasulullah SAW diteruskan oleh para guru itu pada hakikatnya. Sehingga, Rasul pun menyerukan agar memosisikan guru dalam kedudukan yang terhormat."Berkat guru, yng semula tidak tahu menjadi tahu,"ujar dia.
Di dunia, tutur Kusyairi, guru sejatinya juga memberikan kebahagiaan. Ini berkat ilmu pengetahuan yang mereka transfer. Bedakan dengan seseorang yang luput dari sentuhan guru, tak memiliki ilmu, dan menjadi manusia'buta'.
manun ungkat dia, ada kretiria seorang guru dikatagorikan ideal. Diantaranya, mengajarkan kebaikan dan mampu mengarahkan perilaku anak didik dari yang semula kurang baik menjadi baik.
Kedua, seorang guru harus memiliki akhlak yang mulia. Untuk menjadi dan dapat dijadikan contoh, guru harus berakhlak mulia"bagaimana murid baik bila guru tak pernah baik" ketus dia.
Guru juga harus memiliki rasa tanggungjawab terhadap pekerjaannya dan anak didiknya. Karena, guru tidak semata-mata hanya mentransfer ilmu, tetapi juga mendidik dan menjaga anak agar tetap berbuat baik.
Sebagai guru dia harus mampu mengemban amanah dan dapat mengajarkan ilmu untuk membedakan mana perkara yang makruf dan apa sajakah urusan yang mungkar. Sehingga, si anak dapat membedakan hal baik dan hal yang buruk.
Dosen Universitar Ibnu Kholdun Bogor Ustaz Mulyadi Kosim mengatakan, Islam memandang guru sangat mulia. Ilmu yang disampaikan seorang guru akan mendapatkan nilai-nilai kebaikan, bakhan hingga akhirat.
Kedudukan guru sangat bermacam-macam sesuai dengan sebutannya. Seorang guru tidak hanya menjadi  orang yang hanya mentrasfer ilmu. Guru adalah orang mualim yang memberikan ilmu dan kecerdasan anak didiknya. Guru bertugas sebagai muaddib yang bertugas untuk menjadikan manusai yang beradab.
Guru juga bertugas untuk menyebarkan ta'dzim uluhiyah, artinya, guru juga dapat menyampaikan akhlak dan pensucian jiwa. Sebagai mursyid, guru juga menjadi pembimbing dan memberikan petunjuk kebenaran.
Sedangkan, keistimewaan seorang guru, menurut Mulyadi yang juga sebagai kepala Internasional Islamic High School jakarta, adalah sebagai pewaris kenabian. artinya, seorang guru membawa anak didik dari kegelapan kepada cahaya.
Guru disebut istiemwa karena dia telah melanjtkan tongkat estafet perjuangan Rasulullah. Allah SWT juga menjadi "guru" pertama bagi Adam AS. Mengajarkan perkara yangbelum diketahui, lalu menjadi tahu. Guru menjadi sumber perubahan bagi murid yang tidak baik menjadi baik.
Qosim pun menyebutkan sejumlah kreteria guru ideal, antara lain, amanah, memiliki hubungan yang dekat dengan muridnya, memiliki akhlak yang mulia, dan wawasan yang luas. Guru  dituntut pula memiliki ilmu kejiwaan dan ilmu cara untuk mendidik "Guru mesti bisa berkomunikasi dari hati ke hati," papar dia.
Guru, kata Qosim, harus menjadi contoh teladan baik anak-anak dan menjadi teman saat anak mengalami  masalah. Sehingga anak tidak dapat menghormati mereka. Hubungan antarkeduanya tidak hanya formalitas, tapi juga menghargai dengan mendengarkan segala nasihat dan menerapkan ilmu yang diajarkan. 
Republika Tanggal 29 Nov. 2013 /25 Muharram 1435 H.
 

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    BalasHapus