Senin, 18 Maret 2013

KHASIAT SHALAT UNTUK TULANG BELAKANG

Setiap hal di dunia ini tidak pernah berubah. Semuanya mengikuti hukum alam atau dalam bahasa al-Quran disebut dengan Sunnatullah. Misalnya, DNA manusia dan rotasi bumi yang tetap seperti itu. Begitu pula setiap makhluk Allah yang lain, semua diciptakan dengan "Orbit"-nya masing-masing.
Manusia juga diciptakan dengan orbitnya. Orbit manusia ini ketika seluruh fungsi sosiologi organ berjalan dengan optiml. Allah telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna dengan fungsi self healing. Dalam juga ada pasangan-pasangan yang menjaga keseimbangan, seperti osteoblas - osteoclast. Tubuh punya sistem untuk kembali pada keseimbangan. Dalam istilah kedokteran, ada sistem homestasis, enzim pluripoten, dan sistem hormon endorin - costison.
Ada beberapa hadist yang perlu diperhatikan dalam masalah ini :
Allah menurunkan oenyakit dan menurunkan pula obatnya, diketahui oleh yang mengetahui dan tidak akan diketahui oleh orang yang tidak mengerti. ( HR Bukhori dan Muslim )
Allah tidak menjadikan penyembuhanmu dengan apa yang diharamkan atas kamu. (HR. Al-Baihaqi)
Mohonlah kepada Allah keselematan dan alat (kesehatan). Sesungguhnya tiada sesuatu pemberian Allah sesudah keyakinan (iman) lebih baik daripada kesehatan. (HR. Ibnu Majah)
Gangguan pada tulang belakang atau lowback pain disebabkan 80% oleh benigna yang tidak terlalu berbahaya dan bisa diselesaikan dengan shalat tumaninah. Hanya 20 % yang disebabkan oleh maligna yang memang berbahaya. Keluhan lowback pain cendrung bertambah seiring gaya hidup modern. Gangguan lebih banyak pada biomekanik otot.
Terapi yang benar dapat memelihara kesehatan pinggang yang hasilnya lebih lama dan paripurna. Hanya perlu bantuan obat-obatan di fase akut. Setelah fase akut lewat, pasien harus mengubah life style menjadi hidup yang sehat. Pasien harus mengembalikan hak tubuh ke orbitnya kembali.
Salah satu terapi yang bisa dilakukan adalah terapi shalat. Dalam Al-qur'an, shalat merupakan aktivitas paripurna fisik dan psikis.
Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan (Al-Muzammil ayat 6 )
Perumpamaan shalat lima waktu seperti sebuah sungai yang airnya mengalir dan melimpah dekat pintu rumah seseorang yang tiap hari mandi di sungai itu lima kali (HR. Bukhari dan Muslim)
Sempurnakanlah rukuk dan sujud, demi Allah, sesungguhnya aku dapat melihat engkau dibelakangmu(belakang punggungku) saat engkau rukuk atau sujud (shahih muslim)
Terapi lowback pain akibat benigna atau kelainan pada otot yang dimulai dengan pengobatan bagi penyakit yang akut dengan obat-obatan dan stimulasi zat/enzim tubuh dengan makanan halalan tayban (halal dan sehat). Penguatan bisa dilakukan dengan kembali ke "orbit" tubuh atau mengembalikan ke gaya hidup sehat. Pemeliharaan dengan shalat yang khusu' dan benar. Kontraksi biomekanik paling optimal pada saat ruku. Pada saat sujud tubuh mengalami latihan isometrik dan isotonik.

Tulisan ini diambil dari ceramah terawih oleh Dr. H. Dadang Rukanto, SpOT.Mkes. Jum'at, 5 Agustus 2011 dimasjid Salman ITB - Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar